Aktual Berani Dan Terpercaya

Reses di Buano Utara, Turaya Jaring Aspirasi Masyarakat

0 549

 

Maluku, OnlineIndonesia.com– Anggota DPRD Provinsi Maluku, Turaya Samal, melanjutkan resesnya dengan menyeberangi pulau Seram menuju pulau Buano, Sabtu (19/09).

Turaya dan rombongan disambut hangat pemerintah negeri Buano Utara serta sejumlah tokoh pemuda, agama negeri tersebut.

Usai menjenguk Raja/kepala desa yang tengah sakit, Turaya didampingi sekretaris negeri Iswan Nurlette, ketua dan staf BPD mulai menggelar agenda reses di ruang rapat utama kantor desa.

Selain para staf pemerintah negeri Buano puluhan masyarakat juga ikut berpartisipasi aktif dalam agenda tersebut.

Dihadapan ketua fraksi PKS ini, satu persatu masyarakat mulai menyampaikan keluh kesahnya.

Sarmudin Tombalissa pemuda pemerihati pendidikan Negeri Buano Utara mengaku resah dengan pendidikan di negeri bertajub Nusa Puan tersebut.

Pasalanya kata Tombalissa, kuota tenaga pengajar PNS maupun non PNS di Buano Utara sangat minim.

Minimnya tenaga pengajar sehingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Buano utara tidak terlalu maksimal melayani begitu banyaknya siswa-siswi yang ada

“Ditambah lagi, sudah tiga tahun sejak dicetusnya SMA di negeri Buano masih belum memiliki gedung. Sementara masih status pinjam pakai,” akui Tombalissa.

Tombalissa juga mengeluhkan sistem perekrutan tenaga kontrak yang tidak transparan.

Sementara Wardi Ninilow kepada Turaya meminta perhatian terhadap sejumlah infrastruktur pendongkrak ekonomi warga.

Dikatakan, masalah nelayan yang saat ini butuh klostor untuk pengawetan hasil tangkapan. Hal ini kata dia bisa disiasati dengan memaksimalkan fungsi PLN.

“Nelayan kita kesulitan. Terlebih di dusun-dusun petuanan,” akuinya.

Ninilow juga mengaku bukan saja nelayan yang kesulitan. Masyarakat tani juga. Dimana butuh jalan tani. Sekaligus untuk akses menuju air bersih.

Selain kedua point itu, Ninilow menyentil potensi wisata di Buano Utara. Yang mana selat valentine dan sejumalah pulau-pulau lainya dapat menjadi primadona wistawan.