Dandim 1627 Rote Ndao, Pimpin Langsung Sosialisasi Bela Negara di PPA Modopedak

- Redaksi

Jumat, 1 April 2022 - 14:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 0 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rote,liputan86.com -Bertempat di Tuabuna Sosialisasi Bela Negara di PPA Betlehem Modopeda,bertempat di RT 01 / RW 01,Dusun-1 Tuabuna,Desa Kolobolon,Kecamatan Lobalain,kabupaten Rote Ndao.

Acara mulai pukul:14.55 wita sampai dengan pukul:15.30 witaTentu saja pemuda yang dimaksud adalah mereka yang memiliki tekad dan kemauan yang tinggi dalam mencapai sesuatu.

Dandim 1627 Rote Ndao letkol inf bayu Panji bngsawan,S.SI.M.Han menyampikan,”Seperti yang kita tahu bahwa generasi muda merupakan salah satu pilar bangsa yang menjadi penguat dan penentu arah keberlangsungan bangsa saat ini dan masa mendatang. Generasi muda merupakan faktor penting yang dimiliki bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia. Menurut data statistik, jumlah penduduk usia muda pada tahun 2019 mencapai total populasi penduduk Indonesia. Angka tersebut menunjukkan bahwa generasi muda saat ini atau yang disebut generasi milenial mencapai jumlah yang cukup tinggi dan memiliki peranan yang besar untuk kehidupan negara. Generasi muda harus memiliki rasa cinta tanah air terhadap bangsanya untuk menjaga keutuhan bangsa. Salah satu sikap yang dapat ditunjukan adalah dengan menumbuhkan kesadaran dalam upaya bela negara,”

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Secara umum, bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai dengan kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam menjamin kelangsungan bangsa dan negara. Aksi bela negara ini identik dengan kegiatan dalam memerangi permasalahan yang secara langsung atau secara fisik mengancam keutuhan NKRI seperti agresi, invasi, terorisme, dan lain sebagainya. Jika menilik bertahun-tahun yang lalu, para pemuda memiliki peranan yang vital dalam memperjuangkan kemerdekan Indonesia. Segenap tenaga dan kemampuan mereka kerahkan untuk mencapai kemerdekaan. Lantas apakah upaya bela negara berarti harus melalui angkat senjata? Apakah semua generasi muda harus menjadi Tentara Nasional Indonesia? Tentu saja tidak demikian. Di era saat ini, upaya generasi muda dalam membela tanah air tak lagi sekedar angkat senjata dan maju ke medan perang. Makna bela negara lebih luas dari itu.tegas Dandim.

Kemajuan zaman membuat tantangan yang dihadapi bangsa menjadi lebih kompleks. Tantangan maupun ancaman yang dihadapi generasi muda bukan lagi sekadar ancaman fisik, melainkan juga ancaman nonfisik. Kemajuan teknologi, mudahnya akses informasi, dan kemajuan lainnya tak hanya membawa sisi positif, tetapi juga masalah – masalah baru yang dapat mengancam keutuhan bangsa jika tidak mampu dikontrol dengan baik. Permasalahan mulai dari lunturnya nilai-nilai budaya, degradasi moral, narkoba, pergalan bebas, hate speech, hoaks, hingga isu SARA merupakan masalah yang cukup darurat untuk ditangani. Saling serang, intoleransi, mudah terprovokasi, terbawa pergaulan yang salah menjadi menjadi tantangan yang harus diatasi demi keutuhan bangsa. Generasi muda haruslah menjadi garda terdepan dalam memerangi berbagai permasalahan tersebut. Cara paling sederhana yang dapat diterapkan adalah kontrol yang dimulai dari diri sendiri.

Berita Terkait

Masa Aksi Menuntut Kemenkes Terbitkan NIP PPK dan SK Bagi 532 Nakes
Berbagi di Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Ormas BPPKB Banten DPRT Tanah Tinggi Kota Tangerang Santuni 50 Anak Yatim dan Dhuafa
Toko Obat Berkedok Kosmetik Semakin Marak di Wilayah Jakarta Utara
KPU Kab Tangerang di Duga Lamban Dalam Menangani Gaji Yang Belum PPS Terima
PPS Salah Satu Desa Kec Sepatan di Duga Belum Menerima Gaji
Kades Jarang Ngantor di Desa, Warga Desa Kelor Minta Inspektorat dan Pemdes Kabupaten Tangerang Turun ke Desa Kelor
Warga Desa Kelor Malu Dengan Kelakuan Kades Kelor Yang Diduga Melakukan Penipuan dan Penggelapan
Ramadhan 2024 Sudah di Depan Mata, Andika Putra Ziarah Kubur ke Makam Sebelum Puasa

Berita Terkait

Rabu, 10 April 2024 - 09:05 WIB

Muhammad Andika Putra Mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Sabtu, 6 April 2024 - 10:15 WIB

Lurah Salembaran Jaya Menghadiri Kegiatan Kosambi Ramadhan Fest Karang Taruna Kecamatan Kosambi Tahun 2024

Selasa, 2 April 2024 - 01:40 WIB

Ramadhan Berkah Andika Putra Bagikan 200 Takjil Pada Pengguna Jalan

Senin, 1 April 2024 - 01:51 WIB

BPPKB Banten DPAC Kec. Kosambi Bagikan 1000 Takjil di Jalan Bersama DPRT Se-Kec. Kosambi : Wujud Mendekatkan Diri ke Masyarakat

Minggu, 31 Maret 2024 - 13:38 WIB

Proyek Pembangunan Gudang di Duga Tidak Memiliki Izin Persetujuan Bangunan Gedung ( PBG )

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:54 WIB

Manfaatkan Momen Ramadhan 1445 H, Ormas BPPKB Banten DPRT Kenanga Bagi-Bagi Takjil ke Pengguna Jalan

Rabu, 27 Maret 2024 - 16:59 WIB

Anggota Beserta Jajaran Ormas BPPKB Banten Salembaran Jaya Silaturahmi ke Kelurahan Salembaran Jaya

Jumat, 22 Maret 2024 - 22:55 WIB

Ratusan Wartawan Demo Walikota Jakut, Ini Tuntutan FWJ Indonesia

Berita Terbaru