Aktual Berani Dan Terpercaya

Sebulan Berlayar, Gubernur AAL Terima Kembali Taruna Tingkat IV Pasca Lattek Jalayudha

0 389

 

Surabaya, (2/12).

Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) memimpin Upacara Penerimaan Satuan Latihan (Satlat) Jalayudha Taruna-Taruni AAL Tingkat IV Angkatan ke-66 TA 2020 pasca Latihan Praktek Jalayudha di 12 KRI dan Satuan Marinir yang digelar di lapangan Sambargalang Resimen AAL, Kesatrian Bumimoro, Surabaya, Rabu (2/12).

Gubernur AAL mengatakan, latihan Jalayudha yang sudah digelar selama sebulan ini, merupakan salah satu materi latihan dari komponen pendidikan profesi dasar Korps dalam pola pendidikan di Akademi Angkatan Laut. Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, pasalnya Taruna Tngkat IV ditempatkan di 12 unsur KRI dan satuan-satuan Marinir.

Kegiatan ini, dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kecakapan dasar operasi laut sesuai dengan pelajaran profesi yang telah diterima Taruna AAL. Hal ini sangat berguna bagi para Taruna, sebagai sebuah proses pembelajaran tentang ilmu pengetahuan profesi untuk bekal penugasan sebagai perwira TNI Angkatan Laut dimasa yang akan datang.

Setelah melaksanakan kegiatan latihan selama 32 hari ini lanjut Gubernur AAL, para Taruna AAL telah merasakan bagaimana kehidupan di kapal perang dengan mempelajari, mempraktekkan materi-materi latihan sesuai Korps masing-masing.

Materi latihan praktek yang dilakukan diantaranya meliputi peran-peran di KRI, tugas asisten perwira jaga darat, jaga laut, peran fungsi dan tanggung jawab Departemen sesuai Korps, serta mampu memahami prosedur teknik dan taktik pendaratan Amfibi bagi Taruna Tingkat IV Korps Marinir.