Aktual Berani Dan Terpercaya

Koarmada III Selenggarakan Latihan Operasi Gabungan Pertahanan Pantai

0 360

 

Komando Armada (Koarmada) III dan jajaran menyelenggarakan Latihan Operasi Pertahanan Pantai secara besar-besaran di sejumlah wilayah Kota Sorong, selamat dua pekan. Latihan ini melibatkan sejumlah KRI (Kapal Perang RI), pesawat udara dan hely, persenjataan Pasmar 3, dan kurang lebih seribu personel, dibuka secara resmi oleh Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., selaku Direktur Latihan di Mako Lantamal XIV Jl. Baru, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (6/11/2020).

Latihan tersebut merupakan salah satu implementasi kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni membangun sumber daya manusia yang unggul dan professional, serta tangguh menghadapi segala ancaman. Selama latihan para peserta senantiasa menerapkan protocol kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurut Pangkoarmada III bahwa operasi pertahanan pantai merupakan salah satu operasi yang sangat penting dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Operasi ini adalah operasi tempur yang penyelenggaraannya dilaksanakan dalam bentuk operasi gabungan pada suatu komando tugas gabungan pertahanan pantai yang diorganisir secara integratif dari semua satuan yang tergabung dalam suatu komando gabungan yang dibentuk. “Daerah operasi pertahanan pantai ditentukan berdasarkan oleh pertimbangan-pertimbangan, antara lain arah datangnya serangan amfibi musuh,” tegasnya