Aktual Berani Dan Terpercaya

SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri, Kerjasama Dengan PT Nasmoco Megelang Buka Service Hemat

0 997

 

PURWOREJO, online-indonesia.com,-PT Nasmoco Magelang melaunching program ‘Nasmoco Go to School’, dengan membuka service hemat bekerjasama dengan SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri Jl. Kemiri – Pituruh Km. 1 Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang akan berlangsung selama dua hari (Rabu (14/10/2020 hingga Kamis (15/10/2020) di bengkel praktek Teknik Kendaraan Ringan Otomotig (TKRO) SMK VIP Maarif NU 1 Kemiri.

Peresmian program ‘Nasmoco Go to School’
dilakukan secara langsung oleh Subhan Firdaus dari PT Nasmoco Magelang, selaku Service Part Section Head dengan pemotongan pita didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah D.r Nikmah Nurbaiti, S.Pd, M.Pd. Bi, dan Kepala SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri H. Sutarjono, M.Pd.

Hadir dalam acara ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah D.r Nikmah Nurbaiti, S.Pd, M.Pd. Bi, Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Bp Bani Mustofa, M.Pd, para kepala SMK di Purworejo binaan Nasmoco, para kepala SMP di Kecamatan Kemiri, Pituruh, Bruno, Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU Kabupaten Purworejo Bp M. Hamrin Rosadi, S.Ag, M.Pd, Ketua Komite SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri Ky. Muhammad Ali Maftuf, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Kemiri, dan beberapa tamu Undangan.

D.r Nikmah Nurbaiti, S.Pd, M.Pd. Bi, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri atas kerjasamanya dengan Nasmoco. Karena SMK yang baik diharapkan memiliki kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri, dengan industri dan dunia kerja (IDUKA).

“Kerjasama ini wujud dari link and match, supaya siswa-siswa di SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri memiliki kompetensi sesuai yang dibutuhkan industri,” jelas Nikmah Nurbaiti.

Saat ini, terang Nikmah Nurbaiti, pemerintah sedang melaksanakan banyak program untuk SMK, seperti center of excellence (COE), Chief Executive Officer (CEO), upskilling dan reskilling guru SMK. Selain itu, Kepala SMK diharapkan juga mampu menjadi CEO atau direktur utama di sekolahnya, dan SMK harus mampu bekerja sama dengan pihak manapun, serta mampu memproduksi sesuatu, tentunya juga mampu memasarkan produknya.

“Dalam kesempatan ini, tidak lupa saya juga ucapkan terimakasih kepada Nasmoco atas kerjasamanya, semoga SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri semakin maju,” ucapnya.

Sementara itu, Subhan Firdaus menjelaskan, program Nasmoco Go to Schol ini merupakan link and match antara dunia industri dengan dunia pendidikan (DUDI) yang bersama -sama membuka layanan servis hemat di bengkel TKRO SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri.

“Kami memilih SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri dalam program Nasmoco Go to School inj, Karena setelah dilakukan survai kelapangan sebelumnya, fasilitas bengkel yang dimiliki SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri, sudah lengkap, dan sudah mendekati standar bengkel service di Nasmoco,”ujar Subhan Firdaus, Rabu(14/10/2020).

Menurut Subhan, tujuanya adalah berbagi dan menularkan ilmu pengetahuan bidang otomotif kepada para siswa SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri,
kususnya jurusan TKRO secara profesional, dan secara langsung bagaimana teknisi bengkel Nasmoco melakukan service mobil dan bagaimana cara sikap kerja yang benar.

“Saya berharap, dengan program Nasmoco Go to School ini, siswa SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri di dunia pendidikan bisa bersaing dengan SMK lainnya, dan nanti saat lulus sekolah dan terjun ke dunia industri tidak kaget lagi,” ujar Subhan.

Selain itu, jelas Subhan, kegiatan ini akan berdampak luar biasa, karena akan meningkatkan kepercayaan masyarakat sekitar sekolah terhadap kompetensi keahlian di SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri.

Sedangkan Kepala SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri, H. Sutarjono. M.Pd., menjelaskan, program ini bertujuan agar para siswa bisa melihat langsung dan diberi arahan dan bimbingan dari pihak Nasmoco tentang standar bengkel yang ada di Nasmoco, atau standar dengan di dunia industri.

“Jadi siswa bisa melihat bagaimana cara kerja teknisi atau mekanik dari Nasmoco cara bekerja secara benar sesuai SOP, dan cara memakai peralatan secara benar,”kata Sutarjono.

Menurut Sutarjono, layanan paket servis hemat ini peminatnya sangat banyak, karena dengan biaya hemat, yakni paket tune up dan cabin treatment hanya Rp180.000, paket cek rem Rp 180.000, serta paket ganti oli mesin plus bonus oli filter hanya Rp 375.000.

“Target kami sudah terpenuhi, ada sekitar 50 mobil yang ikut mengantri servis hemat. Padahal kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari,”ungkap Sutarjono.

Saya berharap dengan kegiatan ini, SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri, akan lebih maju dan tentunya kepercayaan masyarakat akan sekolah ini lebih meningkat, pungkas Sutarjono.(Wan)