Aktual Berani Dan Terpercaya

Masyarakat Maluku Diminta Tidak Terprovokasi Isu Separatis

0 674

 

Maluku, OnlineIndonesia.com – MASYARAKAT provinsi Maluku diimbau untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu separatis yang sengaja dimainkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Pasalnya, mereka yang sengaja memainkan isu separatisme di Maluku, tak lain hanya untuk mengadudomba warga di negeri para raja ini. Hal ini disampaikan para tokoh agama, politisi, akademisi maupun tokoh muda Maluku itu dalam bentuk imbauan, kepada wartawan, Kamis (01/10).

Imbauan tersebut disampaikan secara terpisah oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, tokoh agama, Pdt. Dr. John Ruhulessin, Direktur Ambon Reconciliation Mediation Center (ARMC) IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano, Rektor Unpatti Ambon, Prof. Dr. M. J Sapteno, dan mahasiswa Program Doktor UKIM, M. Asrul Pattimahu.

Pendeta Dr. John Ruhulessin, yang juga mantan Ketua Sinode GPM menyebutkan, di tengah proses politik saat ini, paham ideologi yang keras dan radikal, seperti paham-paham merdeka, tak perlu didengarkan. Masyarakat harus cerdas sehingga dapat memfilter berbagai paham yang dapat menyesatkan dan memecahbelah bangsa.