SFQR Lanal Nunukan Gagalkan Penyelundupan Ballpress

- Redaksi

Jumat, 18 September 2020 - 15:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 0 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 17 September 2020.
Lanal Nunukan yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Anton Pratomo berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang berupa 15 Ballpress pakaian bekas. Minggu (13/09/20) waktu setempat.

Dalam press release yang dilaksanakan di Aula Markas Komando (Mako) Lanal Nunukan, terkait penggagalan upaya penyelundupan ballpress tersebut, Anton-sapaan karib Danlanal Nunukan mengatakan, “Kecurigaan terjadi saat 1 speed boat Dwi Putra melaju kencang dari arah Sebatik dan dilaksanakan pengejaran oleh Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Nunukan. Karena speed boat berusaha kabur, Tim SFQR Lanal Nunukan melaksanakan penembakan peringatan ke udara sebanyak 1 kali. Akan tetapi Speed Boat tidak berhenti dan dilakukan tembakan peringatan yang kedua sampai tembakan ke tiga. Speed Boat tidak mau berhenti. Akhirnya dilakukan penembakan terarah kepada mesin Speed Boat tersebut dan akhirnya Speed Boat berhenti, “ ungkapnya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dari hasil pemeriksaan telah diamankan dua tersangka masing-masing berinisial “R” (25 th) selaku motoris dan “S” (27 th) selaku penumpang berikut barang bukti berupa speed boat 1 unit dan muatan 15 ballpress yang berisi pakaian bekas. Selanjutnya kedua orang beserta barang bukti tersebut diamankan di Lanal Nunukan. 

Dalam proses selanjutnya karena ini merupakan tindaka pidana penyelundupan, maka untuk penyidikan lebih lanjut, pihak Lanal menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada pihak Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai (PPBC) Nunukan yang diterima langsung oleh Kasi PPBC Nunukan, Bapak Sigit Tri Hatmoko“ punkas Anton.

Sementara itu ditempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto mengapresiasi keberhasilan tim SFQR Lanal Nunukan dalam penangkapan ini. Pangkoarmada II berharap patroli dan pemeriksaan seperti ini terus ditingkatkan guna mengamankan dan menegakkan kedaulatan serta hukum di perairan yurisdiksi Nasional Indonesia.

Berita Terkait

Publik Beri Tamparan Keras Kepada Institusi Polri Terkait Penanganan TPPO di NTT
Buka Room Diskusi Oknum Anggota Yang Melakukan Pemukulan Terhadap Mahasiswa Melalui Sarana Tiktok, Mendapat Respon Positif Kapolresta Kupang Kota
Diskusi Publik di Room Tiktok, Langsung di Respon Kapolres Kupang Kota, Ini Yang Disampaikan
Diduga Melakukan Penipuan dan Penggelapan, Kepala Desa Kelor Ade heryandi Akan Dipoliskan
Sesuai Perintah KHUP, Yandri Sinlaeloe, S. H., Minta APH Jemput Tersangka Pemalsuan Surat Tanah
Tersangka Pemalsuan Surat Tiga Kali Dipanggil Satreskrim Polresta Tangerang Tidak Hadir, Pengamat Minta Tindak Tegas
Tahanan Polsek Teluknaga Meninggal, Luka Lebam di Leher dan Bahu Kiri Kanan Menjadi Pertanyaan Publik
Tahanan Polsek Teluknaga Yang Meninggal di Tubuhnya Ada Luka Lebam di Leher, Bahu Kiri dan Kanan