Aktual Berani Dan Terpercaya

Hari Pertama Reses, Turaya Samal Jaring Aspirasi di Dusun Pohon Batu SBB

0 595

Hari Pertama Reses, Turaya Samal Jaring Aspirasi di Dusun Pohon Batu SBB

PIRU, OnlineIndonesia.com – Anggota DPRD Propinsi Maluku, Turaya Samal, memulai hari pertama Reses di Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Seram Bagian Barat dengan mengunjungi masyarakat Dusun Pohon Batu (16/9). Bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat Pohon Batu, Wakil Ketua Komisi 2 ini disambut hangat oleh Kepala Dusun Pohon Batu, Dasmin Samal.

Di hadapan politisi PKS ini, Dasmin Samal meminta agar Turaya dapat mengawal kepentingan masyarakat Pohon Bantu. “Pohon Batu kesulitan mengakses air bersih. Kebutuhan air bersih menjadi prioritas untuk diberi perhatian”, kata Dasmin.

Ia menyebut jika sebagian masyarakat Pohon Batu menggantung kehidupan ekonominya dengan menjadi nelayan. Maka baginya, akses dan penyediaan bantuan perikanan pancing tonda dibutuhkan oleh masyarakat Pohon Batu.

“Pemberdayaan masyarakat untuk usaha perikanan kami titip kepada Ibu Turaya untuk diperjuangkan. Sebagain masyarakat kami menggantungkan hidupnya di laut”, tandas Dasmin lagi.

Kadus pohon batu juga menaruh harapan, agar kelanjutan pembangunan dan penyelesaian masjid di dusun dapat dirampung. “Kami telah memulai dengan swadaya. Namun itu tak cukup. Mohon bantu diadvokasi agar pemerintah daerah dapat membantu sehingga masjid di pohon batu dapat diselesaikan’, lanjut Dasmin.

Pihaknya mengapreasiasi kunjungan reses Ketua Fraksi PKS DPRD Maluku ini. “Kami memberi apresiasi atas kunjungan reses ini, Tatap muka secara langsung dapat kami lakukan sehingga masyarakat dapat secara langsung menyampaikan aspirasinya kepada anggota DPRD”, cetusnya.

Anggota DPRD Maluku, Turaya Samal di tengah-tengah masyarakat Pohon Batu mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan. Dirinya mengakui jika mendengar aspirasi ecara sungguh dan berupaya untuk mengadvokasi aspirasi sesuai dengan tanggung jawabnya.

“Reses ini menjadi upaya untuk mendengar aspirasi masyarakat Pohon Batu. Insa Allah akan diadvokasi sesuai kewenangan yang dimiliki DPRD. Termasuk berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten sehingga intervensinya bisa sesuai”, kata Turaya.

Turaya menandaskan, sesuai rencanakan pembangunan pemerintah Provinsi Maluku pada tahun 2021 mendatang, target dan rencana strategi adalah menurunkan angka kemiskinan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Maka kami gelar reses, mendengar aspirasi sesuai realitas dan kondisi masyarakat. Tindaklanjutnya dengan rumusan kebijakan strategis dalam RPJMD provinsi Maluku tahun 2021. Sinergi akan kami bangun dengan pemerintah provinsi untuk menekan angka kemiskinan”, sebut Turaya. (Rul)