Aktual Berani Dan Terpercaya

Tadinya Lahan Tidak Produktif, Kini Bisa Panen Buah Semangka dan Pepaya Kalifornia

0 291

 

PURWOREJO, online-indonesia.com-Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19. Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Purworejo beserta lembaga pembinaan khusus anak ( LPKA) Kutoarjo melaksanakan kegiatan panen buah semangka dan pepaya kalifornia dilahan yang tadinya tidak produktif yang disulap menjadi lahan yang produktif dalam rangka pelaksanaan pembinaan kemandirian untuk warga binaan.

Karutan Purworejo Lukman Agung Widodo menjelaskan, Lahan tersebut adalah lahan milik rutan purworejo dan digarap/dikelola oleh warga binaan pemasyarakata (WBP) tanah seluas 1,5 hektar yang tadinya tidak produktif disulap menjadi lahan produktif diantaranya sebagai lahan pertanian, perikanan dan perkebunan buah-buahan.

“Untuk saat ini, lahan Rutan Purworejo menghasilkan buah semangka non biji dan buah pepaya kalifornia, selain itu juga ada kolam untuk perikanan, ikan yang di budidayakan yaitu ikan nilai, ikan lele, ikan bawal dan ikan patin,” ujar Lukman, Sabtu (29/8/2020) sore.

Menurut Lukman, hal ini adalah salah satu bentuk suksesnya pembinaan kemandirian  yang dilaksanakan oleh pihak Rutan Purworejo, apalgi pada saat kondisi di tengah-tengah pandemi covid -19. Pangan merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan prioritas saat ini.

“Oleh karena itu, kita fokuskan di bimbingan kemandirian di bidang tersebut,” kata Lukman.