Aktual Berani Dan Terpercaya

Rayakan 4 Tahun Berkarya, TBM Rumah Inspirasi Dzikir Bersama

0 398

_HUT RI Bertepatan Dengan Malam Tahun Baru Islam_

Maluku,OnlineIndonesia.com- Taman Baca Rumah Inspirasi Iha-Ulupia merayakan malam pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah sekaligus menggelar syukuran Hari jadinya ke-4 tahun, Kamis (20/08/2020).

Perayaan malam tahun baru hijriah tersebut dibanjiri masyarakat Negeri Iha-Kulur kabupaten Seram Bagian Barat. Pasalanya, Rumah Inspirasi menyugukan sejumlah seni diantaranya, Gambus, Seni Qasidah hingga team hadrat.

Dzikir dalam agenda tersebut dibawakan langsung oleh majelis Ta’lim Remaja Madrasah Aliyah BPD Iha-Kulur. Rata-rata majelis ta’alim remaja ialah siswa-siswi kelas XI dan XII. Sementara pengantar zikir dimainkan oleh santri-Santriawan TPQ As-Salam yang rata-rata merupakan pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama.

Ketua team work perayaan malam tahun baru Islam dan Syukuran HUT Rumah Inspirasi ke-4, Ahmad Bidoyo Putuhena menyatakan, agenda tersebut berlangsung hasil kerjasama lembaga patner, SMA BPD Iha-Kulur dan TPQ As-Sallam.

“Kami dalam agenda ini menggandeng TPQ dan Sekolah MA BPD,” akui Putuhena.

Putuhena kesempatan itu juga menyampaikan terimaksih kepada seluruh masyarakat negeri Iha-Kulur karena sudah memberikan dukungan hingga terlaksananya kegiatan tersebut.

Dirinya mengakui, meski empat Tahun Rumah Inspirasi berkarya, tapi tidak dipungkiri masih banyak kekurangan yang sudah dipastikan untuk dievaluasi.

“Malam ini kita lebih pada perenungan atas perjalan kami dalam memberikan pelayanan. Kami memohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat jika masih ada saja kekurangan Rumah Inspirasi selama ini,” pungkasnya.

Sementara Direktur Rumah Inspirasi, Muhammad Fahrul Kaisuku mengatakan rasa sykurnya atas terlaksananya kegiatan tersebut sesuai harapan.

Kaisuku juga mengakui kegiatan Perayaan Malam Tahun Baru Islam dan Sykuran 4 Tahun TBM berjalan baik karena campur tangan banyak pihak.

“Kami menyadari sungguh agenda ini bisa berlangsung hasil dari banyak tangan serta pikiran. Kami tentu sangat berterimaksih kepada bapak/Ibu orang baik yang sudah menjadi bagian dalam pergerakan Rumah Inpisrasi mencerdaskan anak bangsa,” tegas Kaisuku.

Perihal Rumah Inspirasi Iha Ulupia, Kaisuku mengaku organisasi yang tengah dipimpinnya tidak seperti organisasi pada umumnya.Pergerakan lebih ke gaya Volounter. Dimana kampenye literasi yang sangat diutamakan.

“Kami berupaya menanamkan rasa kecintaan adik-adik pelajar kepada Buku dan Al-Qur’an. Kerjanya lebih spereti pekerja sosial dan tidak terikat,” akuinya.

Lanjut dikatakan, Rumah Inspirasi diresmikan tanggal 18 Agustus 2016 silam setelah melewati proses diskusi dan tabayun sejak tahun 2014 lalu.

“Kami berkomitmen, selama negeri ini masi ada, kami akan tetap ada ditengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Sementara masyarakat negeri Iha-Kulur, Susi Pikahulan mengaku bangga dengan pemuda negeri Iha yang tergabung dalam Rumah Inspirasi. Pasalnya, kegiatan tablig akbar bukan baru sekali dilaksanakan. melainkan sudah dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya.

“Ini komitmen yang nyata,” tegasnya.

Susi yang merupakan Guru di SMP 1 Huamual itu berjanji akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan dari TBM Rumah Inspirasi.

“Kami sangat terbantukan dengan adanya pemuda kreatif ini. Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang mereka ciptakan, kami bisa berkolaborasi untuk menyalurkan bakat siswa-siswi ditengah-tengah masyarakat. Terlebih koleksi buku yang ada di TBM sebagian besarnya singkron dengan mata pelajaran di sekolah,” pungkasnya. (RUL)