Aktual Berani Dan Terpercaya

Taruna dan Perwira Pertama AAL Ikuti Internalisasi Penataran Pancasila Perwira TNI AL Secara Daring

0 433

 

Surabaya (29/7).
Ratusan Taruna dan Taruni, Perwira Pertama serta Pengasuh di jajaran Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti acara Internalisasi Penataran Pancasila Perwira TNI AL yang dibuka Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. dari Auditorium Denma Mabesal Jakarta di Gedung Maspardi, Kesatrian Buimoro, Surabaya, Rabu (29/7).

Diantara 288 Taruna/I, 45 Perwira Pertama (Letda/Lettu/Kapten) dan 36 pengasuh Taruna AAL ini, tampak hadir Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E.,M.M, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Seklem AAL serta Para Pejabat Utama AAL lainnya.

Menurut Gubernur AAL, atas seizin Kasal, seluruh Taruna AAL diperkenankan menginkuti Internalisasi Penataran Pancasila Perwira TNI AL ini. Gubernur memandang perlu karena derasnya pengaruh budaya dan nilai-nilai dari luar yang kurang sejalan dengan nilai budaya Indonesia kini masif tersebar melalui media sosial, sehingga perlu bagi generasi muda perlu tahu dan memahi nilai-nilai Pancasila yang di gali dari kehidupan bangsa Indonesia

Pada acara ini, selain peserta di auditorium Denma Mabesal juga diikuti dari 12 satuan dijajaran TNI AL secara Vicon mendapatkan pencerahan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, B.A., B.A., M.A., Ph.D. dalam dua sesi materi, yaitu Sesi Pertama dengan materi Sejarah dan Relevansi Pancasila, dan sesi kedua dengan materi Falsafat Pancasila dan Peran BPIP.

Menurut Kasal dalam sambutannya mengatakan, perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini, ada kecenderungan stagnasi bahkan penurunan pemahaman bahkan sikap dan tingkah laku yang tidak lagi mencerminkan pribadi bangsa indonesia yang berdasarkan Pancasila.