Aktual Berani Dan Terpercaya

Forkopimda Jatim Tinjau Pondok Rehab Pasien Covid-19 di Gresik

0 357

 

online-indonesia.com – Gresik, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur (Forkopimda Jatim) meninjau pondok rehabilitasi dan observasi pasien Covid-19, di Lapangan Jogo Samudro, Kabupaten Gresik, Minggu sore (19/7/2020).

Forkopimda Jatim tersebut terdiri atas Kapolda Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, MSi, Pangdam Mayjen TNI Widodo Iryansyah dan Gubernur Khofifah Indar Parawansah. Turut mendampingi antara lain Kabid Humas Polda, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko.

Lewat peninjauan itu diketahui, jumlah bed (tempat tidur) yang disediakan di Stadion Jogo Samudro oleh Bupati Gresik sebanyak 140 unit. Semuanya untuk pasien rehabilitasi Covid-19. Jumlah bad tersebut rincian penggunaannya, untuk zona merah disiapkan 80 unit bad, zona kuning 40 unit bad dan untuk zona hijau 20 unit bad.

Selain menyiapkan bad untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19, di pondok rehabilitasi dan observasi tersebutc juga disiapkan tenaga medis, terdiri atas dokter dan perawat. Selain itu juga disiapkan kamera CCTV untuk memantau segala aktifitas pasien Covid-19 selama dilakukan perawatan.

Kapolda Jawa Timur menyebutkan,
pemerintah daerah harus dengan cepat melakukan penanganan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif. Dipastikan dengan cepat mendapatkan treatment. Dengan segera dipisahkan dengan yang sehat sehingga tidak menjadi titik penularan.

“Nantinya tiga pilar, lurah atau kades, Babinkantibmas dan Babinsa yang berbasis kampung tangguh menjaring semuanya. Hal itu sebagai upaya yang bisa dilakukan, sinergi yang dikerjakan dari hulu ke hilir,” kata Kapolda Jatim, saat melakukan peninjauan tersebut.

Kapolda menambahkan, bagi yang bergejala ringan atau tanpa gejala, segera dipisahkan dari masyarakat yang sehat, sehingga pondok rehabilitasi dan observasi sebagai solusi.

“Intinya, pasien yang datang ke sini (pondok rehabilitasi dan observasi) harus nyaman, agar imun terus naik dan agar tidak ada beban. Dan hal ini sudah diikuti oleh Kabupaten/Kota yang lain, sehingga angka kematian bisa ditekan dan angka kesembuhan terus meningkat,” tambah Kapolda.

“Seiring dengan perintah saya agar kapolres – kapolres di Jawa Timur bersama dengan Dandim, Kapolsek dan Danramil,  Babinkantibmas dan Babinsa bisa turun ke tingkat paling bawah dan melakukan pendataan secara masif, selain itu tidak hanya melakukan pendataan saja, melainkan juga melakukan 3T (testimg, tracing, treatment),” pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, apa yang dilakukan oleh Bupati Gresik cukup baik. Inisiasi ini sangat luar biasa menyiapkan pondok rehabilitasi dan observasi di stadion Jogo Samudro. Untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19, serta menyiapkan ruang dengan zona merah, hijau dan kuning.