Aktual Berani Dan Terpercaya

Jelang Praspa Kasal Berikan Pembekalan Kepada Siswa Diktukpa  Angkatan ke – 49

0 127

 

online-indonesia.com – Surabaya, Menjelang pelaksanaan Prasetya Perwira (Praspa) Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke – 49 TA 2019, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M memberikan pembekalan kepada Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan ke – 49 TA 2019 yang sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal melalui Vidio Conference (Vicon), Rabu, (15/07).

Dalam pembekalan secara Vicon tersebut Kasal berada di Mabesal Cilangkap Jakarta sedangkan para siswa Diktukpa berada di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya. Hadir dalam acara pembekalan tersebut para pejabat utama  Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik, Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

Dalam pembekalanya Kasal Laksmana TNI Yudo Margono, S.E., M.M menyampaikan bahwa pelantikan menjadi perwira merupakan momen istimewa perubahan status dari Bintara menjadi perwira. Perubahan ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu momen ini hendaknya menjadikan perubahan pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai dengan kode etik perwira TNI.

Kasal juga menyampaikan bahwa seorang perwira harus memegang teguh kode etik perwira TNI, meliputi Budhi yang berarti berbuat luhur bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa, membela kebenaran dan keadilan. Bhakti yang berarti mendukung cita cita nasional kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia, menjunjung tinggi kebudayaan serta setiap saat bersedia membela kepentingan nusa dan bangsa.

Kode etik lainya adalah Utama yang berarti penegak persaudaaraan dan peri kemausiaan, menjunjung tinggi nama dan kehormatan Korps Perwira. Sedangkan kode etik terakhir adalah Wira yang berarti Ksatria yang memegang teguh kesetian dan ketaatan, berani bertanggung jawab atas tindakan dan menjadi pemimpin bagi bawahan.