Kemterian Kelautan dan Perikanan (KKP) “Safarikan Gemarikan” di Lokasi TMMD Reguler 108 Kodim Banyumas

Dibaca 0 Kali
  • Bagikan

Banyumas,Online-indonesia.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Komisi IV DPR RI, melakukan Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) kepada masyarakat di lokasi TMMD Reguler 108 Kodim 0701/Banyumas. Safari Gemarikan tersebut, bertujuan membangun kesadaran gizi masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Safari edukasi di wilayah Kabupaten Banyumas ini difokuskan kepada masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, karena sedang adanya pembangunan SDM skala besar melalui non fisik TMMD Reguler 108 Kodim 0701/Banyumas.

Sunarna, S.E., M.Hum, Anggota Komisi IV DPR RI mengatakan, Gemarikan merupakan program nasional yang dicanangkan oleh KKP sejak 2004 silam. “Safari ini bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat, untuk memakan ikan sejak dini karena sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak,” ungkapnya di Aula Balai Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Sabtu (4/7/2020).

Sunarna berharap, keberadaan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) melalui Kelompok Wanita Tani (KWT), dapat menjadi peluncur dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan, sekaligus membantu dinas terkait dalam memerangi stunting di wilayah Banyumas.

Sementara itu, Kepala BBP3KP Jawa Tengah, Ir. Widya Rusyanto, M.SI, mengatakan, di dalam ikan banyak terkandung omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak terutama pada masa emas pertumbuhan/golden period atau seribu hari sejak kelahiran. “Ikan juga sangat penting bagi ibu pada masa persiapan kehamilan, masa kehamilan, hingga menyusui. Apabila generasi dini gemar makan ikan, maka diharapkan mereka akan menjadi generasi pemimpin yang cerdas,” ujarnya.

  • Bagikan