Dorong Pembangunan Pasar Mardika,  APMA dan Polda Maluku Tegakkan Kamtibmas


  • Bagikan

Deklarasi dukungan pembangunan Pasar Mardika oleh Asosiasi Pedagang Pasar Mardika (APMA) kota Ambon merupakan agenda kolaborasi bersama Direktorat Intelkam Polda Maluku. Kegiatan tersebut sekaligus dilakukan pembacaan naskah deklarasi oleh Ketua Umum (Ketum) Alham Valeo dan sosialisasi Kamtibmas.

Ambon, OnlineIndonesia.com– Asosiasi Pedagang Pasar Mardika (APMA) kota Ambon deklarasi dukungan pembangunan pasar Mardika. Dukungan itu secara penuh Asosiasi digelar di kafe Infinity, jalan Jenderal Soedirman Tantui Atas kota Ambon. Jumaat, (23/06).

Kegiatan Deklarasi itu, didukung Sub Bagian Direktorat Intelkam Polda Maluku yang dalam pelaksanaannya dipimpin IPTU Olivia V Lodar, S.H.

Sementara Asosiasi dalam melafalkan naskah deklarasi dukungan dipimpin langsung Ketua Umum (Ketum) APMA kota Ambon, Alham Valleo.

Alham Valleo dalam sambutan singkatnya menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada jajaran Polda Maluku yang berinisiatif melaksanakan deklarasi tersebut.

“Terkait dukungan, APMA dan seluruh pedagang mardika bukan sekedar mendukung saja tapi sangat menginginkan dan mengimpikan percepatan pembangunan pasar tradisional moderen yg sedang di bangun saat ini cepat selesai dan berharap menjadi pasar yg representatif sekaligus nantinya menjadi icon kota Ambon serta pusat pertumbuhan ekonomi,” jelas Alham.

Alham mengakui, beda pendapat terhadap pembangunan saat ini yang tengah digenjot pemerintah tak dapat dihindari.

Namun, kata dia, APMA selalu memberikan pemahaman yang koprehensif, holistik terhadap pelaku usaha (pedagang) untuk sama-sama mendukung perubahan melalui pembangunan yang ada.

Alham menjelaskan, Pasar Mardika bukan sekedar wilayah tarnsaksi ekonomi terbesar di Maluku terkhusus kota Ambon. Pasar Mardika lebih dari itu. Telah menjadi maskot atau identitas kota Ambon.

“Pasar Mardika ini sudah seperti Maskotnya kota Ambon. Menjadi kebanggaan orang Ambon. Maka itu, perlu kiranya memberikan dukungan pembagunan agar tidak melekat stigma kesemrawutan, kumuh mauoun kotor. Pembanguan digalakkan untuk merubah wajah dan stigma tersebut. Pasar Mardika kedepan harus tertata moderen agar menciptakan kenyamanan meski metode penerapan nantinya masih tradisional,” ungkap Alham.

Alham menyakini, kedepan Pasar Mardika akan menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi kota Ambon, jika program pemerintah didukung serta dilancarkan.

“Adanya pembangunan merupakan kebijakan strategis untuk transformasi ekonomi, menciptakan perubahan yang bertumpu pada memperbaiki kelemahan-kelemahan seperti yang nampak, kesemrawutan, aksesibilitas yang kurang baik, kemanan, kenyamanan dan ketertiban. Adanya pembangunan itu untuk menjadikan pasar Mardika yang lebih baik,” tegasnya.

  • Bagikan