Rekam Jejak Hambra Banggakan Orang Maluku | Catatan Ketum HIPMI Maluku


  • Bagikan

Salah satu putra Maluku yang membanggakan di level pusat saat ini adalah Hamra Samal.

Ambon- Sosok humble dan murah senyum ini, baru saja diangkat sebagai Komisaris Utama PT. Terminal Petikemas Surabaya.

Saat ini, Hamra juga masih dipercayakan menduduki posisi prestisius sebagai Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

Hambra lahir di Ketapang, Seram Bagian Barat, Maluku, pada 10 Oktober 1968. Ia memperoleh gelar sarjana S1 Ilmu Hukum dari Universitas Pattimura Ambon, serta meraih gelar S2 Magister Hukum Bisnis dari UGM.

Rekam jejaknya di Kementerian BUMN maupun di sejumlah perusahaan plat merah ini cukup mentereng. Beliau pernah menjabat sebagai Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, juga pernah mengisi posisi sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BNI, dan Wakil Direktur Utama PT Pelindo II.

Memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni, dan pengalaman profesional yang teruji, Hamra lalu dipercayakan untuk bergabung dalam Tim Merger (Penggabungan) PT Pelindo I, II, III, dan IV. Posisinya sangat penting dalam proses integrasi seluruh perusahaan Pelindo ini.

Penggabungan ini akan membuat Pelindo memiliki kontrol kendali strategis yang lebih baik. Rencana pengembangan juga menjadi lebih holistik untuk jaringan pelabuhan, yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya logistik.

Integrasi ini akan memaksimalkan sinergi dan menciptakan nilai tambah. Salah satunya, terbuka peluang perusahaan untuk ekspansi ke go global. Integrasi ini pula menempatkan Pelindo sebagai operator terminal peti kemas terbesar kedelapan di dunia.

  • Bagikan