Vaksinasi Booster bagi anggota Polri di Polres Jakpus


  • Bagikan

Jakarta,online-indonesia.com – Polres Metro Jakarta Pusat melaksanakan Vaksinasi tahap ke-3 atau dikenal dengan _Booster_ Covid-19 bagi seluruh personil di Aula Lt. 3 Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (19/01/2022).

Pelaksanaan Vaksinasi Booster tersebut dilaksanakan oleh Si Dokkes Polres Metro Jakarta Pusat dan untuk jenis vaksin yang disiapkan yaitu vaksin jenis AstraZeneca, Pfizer, Moderna dan Sinovac.

Adapun syarat penerima dosis vaksin ini adalah sebagai berikut :
a. Calon penerima vaksin menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi PeduliLindungi;
b. Berusia 18 tahun ke atas; dan
c. Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

Dikutip dari laman Website Covid-19.go.id, bahwa tujuan dari pelaksanaan vaksinasi booster tersebut dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting.

Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian covid-19 baru termasuk varian Omicron. Merujuk studi meta analisis dan analisis regresi oleh Fekin dkk tahun 2021, diketahui bahwa efektivitas 4 vaksin yang sudah mendapatkan EUL dari WHO mengalami penurunan aktivitas sebesar 8% dalam 6 bulan terakhir pada seluruh kelompok umur. Dalam kurun waktu yang sama kepada orang dengan usia 50 tahun keatas, terjadi penurunan efektivitas vaksin sebesar 10% dan 32% untuk mencegah kemunculan gejala.

  • Bagikan