MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN PENDIDIKAN


  • Bagikan

Oleh : Rian Satria Yuda Kaisupy, S.E

Mahasiswa; Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Maluku, OnlineIndonesia.com– Indonesia adalah negara yang mempunyai sejarah pendidikan yang beragam. Hal ini dikarenakan banyak organisasi-organisasi yang menyandingkan pendidikan sebagai sarana pergerakan maupun komitmen.

Dari sekian banyak organisasi tersebut, Muhammadiyah adalah salah satu organisasi yang sampai saat ini masih menunjukkan eksistensinya dan bahkan berkembang dengan sangat pesat seiring perkembangan zaman yang membuat Muhammadiyah menjadi salah satu organisasi Islam yang terbesar di Republik Indonesia (Hasan, 2003, hlm. 23).

Muhammadiyah saat ini menjadi organisasi yang berpengaruh dalam dunia pendidikan. K.H. Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah memiliki harapan besar untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dan dapat memberikan pencerahan mental kepada bangsa ini.

Mengapa pendidikan ?

Pendidikan adalah suatau pondasi dalam hidup yang harus dibangun dengan sebaik mungkin. Secara umum pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan,keterampilan serta kebiasaan yang dilakukan suatu individu dari suatu generasi ke generasi lainnya.

Ketika ditelaah kongres Muhammadiyah di Betawi jakarta pada tahun 1936, yang memiliki makna muncul kesadaran secara resmi untuk menyusun garis besar tujuan dari pendidikan Muhammadiyah yang tumbuh 24 (dua puluh empat) tahun kemudian sejak berdirinya Muhammadiyah pada 1912.

Tetapi, hal itu tak berarti sebelum itu tidak ada haluan umum dalam pendidikan Muhammadiyah. Tujuannya sudah ada bersama-sama sejak lahirnya pergerakan Muhammadiyah (Hamdan, 2009, hlm. 40).

Untuk melacak tujuan umum pendidikan Muhammadiyah, Amir Hamzah, mengemukakan bahwa garis besar gagasan tujuan umum dari pendidikan Muhammadiyah Ahmad Dahlan, yaitu membentuk manusia Muslim yang: (a) alim dalam agama baik budi pekerti, (b) alim dalam ilmu-ilmu dunia luas pandangan (ilmu umum), dan (c) bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakatnya.

  • Bagikan