Perkembangan zaman Jangan Sampai Merusak Gotong Royong


  • Bagikan

Sumatera,onlineindonesia.com – Perkembangan zaman membawa arus informasi yang sangat cepat, serta gaya hidup yang mempengaruhi kehidupan kita sehari hari. Hal ini jangan sampai merusak budaya gotong royong yang telah melembaga dan mengakar di kehidupan masyarakat.

Demikian yang disampaikan oleh Wakil Bupati OKI, H. M. Djafar, Shodiq, pada saat membuka acara kegiatan pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) Kabupaten OKI, di Desa Suka Maju, Kecamatan Lempuing Jaya, Rabu (10/11/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan setiap saat kita mengupdate diri lewat informasi yang kita dapat dengan mudah, contoh terkecilnya adalah dengan penggunaan smartphone, kehidupan yang acuh tak acuh, menutup diri adalah sebagai akibat buruk dari perkembangan teknologi.

“Kita seringkali lebih senang memegang handphone, browsing, chatting dan membuka laman laman media sosial dari pada berkumpul kumpul di majelis, melaksanakan ronda atau sekedar bersilaturahim dengan teman atau tetangga,” jelasnya.

Pentingnya pelestarian nilai nilai budaya masyarakat melalui kegiatan gotong royong masyarakat diharapkan dapat diapresiasi dan dikawal dengan baik oleh pihak terkait yakni pemerintah desa dan kecamatan.
“Kegiatan kita pada hari ini adalah kegiatan kerja sama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan, yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat, serta peningkatan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” ujarnya.

Agenda rutin tahunan ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

Hal ini penting untuk dilaksanakan dan terus dipupuk agar semangat kebersamaan dari gotong royong terus mengakar dan demikan diharapkan masyarakat dapat hidup rukun dan damai dalam mengisi pembangunan dalam suasana kekeluargaan serta sebagai nilai pembangunan dalam rangka penguatan integritas sosial dalam masyarakat OKI.
Salah satu implikasi dari pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ini antara lain swadaya masyarakat dalam pembangunan.

  • Bagikan