Satreskrim Polres Tangsel Ringkus 5 Pelaku Pemalsuan SHM


  • Bagikan

TANGERANG SELATAN, online-indonesia.com – Sat Reskrim Polres Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil mengungkap Sindikat pelaku pemalsuan Sertifikat Hak Milik (SHM) dengan cara menggadaikan ke korban yang terjadi pada hari Rabu, 08 September 2021, sekira jam 12.00 WIB di Jl. Panda Raya RT 02/05 No.7, Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Dari pengungkapan kasus tersebut, polisi meringkus sebanyak 5 orang pelaku.

Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin menjelaskan kronologis pengungkapan kasus tersebut berawal adanya informasi dari warga masyarakat bahwa telah menerima gadai Sertifikat Hak Milik (SHM) atas nama M. Y dengan nilai Rp.60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) dengan jaminan yang diduga palsu.

“Dari pengungkapan ini, kemudian dilakukan penyelidikan dengan melakukan pengecekan sertifikat yang dijaminkan tersebut. Dan, kemudian dilakukan pengecekan ke Kantor Badan Pertanahan Nasional Jakarta Selatan serta didapat hasil bahwa buku sertifikat hak milik tersebut bukan dikeluarkan oleh BPN,” ujarnya.

Selain itu, Iman menerangkan, didapati informasi bahwa tersangka MP juga menjaminkan SHM yang sama atas nama MY kepada korban lain dengan nilai Rp 70 juta.

“Tersangka MP mengakui, membuat sertifikat diduga palsu melalui perantara, antara lain tersangka YI, LC, dan SD dengan biaya Rp 5 juta untuk satu buku sertifikat, dan masing-masing tersangka yang turut serta atau turut membantu membuat sertifikat palsu tersebut mendapatkan keuntungan Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta,”jelas Iman saat gelar konferensi pers di Aula Mapolres Tangsel. Jumat (29/10/2021)

Lebih lanjut Iman menambahkan, SHM atas nama MY yang diduga palsu telah digadaikan oleh tersangka MP kepada saksi senilai Rp 60 juta hingga Rp 70 juta melalui bantuan perantara tersangka RM.

  • Bagikan