Presiden Jokowi : Indonesia Tak Ingin Ikuti Retorika Yang Tidak Dapat Dijalankan


  • Bagikan

Jakarta,onlineindonesia.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia tak ingin mengikuti retorika mengenai perubahan iklim yang pada akhirnya tak dapat dijalankan.

Presiden Jokowi juga menegaskan Indonesia selalu konsisten dan bekerja keras untuk memenuhi komitmen yang telah disampaikan guna mengatasi perubahan iklim dunia.

“Posisi Indonesia untuk isu perubahan iklim adalah sangat konsisten dan kita bekerja keras untuk memenuhi apa yang sudah kita komitmenkan. Kita tidak ingin ikut dalam retorika yang pada akhirnya tidak dapat kita jalankan,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers daring, disaksikan di Jakarta, Jumat, sebelum keberangkatannya menuju tiga negara, yakni Italia, kemudian Inggris Raya dan Uni Emirat Arab.

Presiden Jokowi menyampaikan akan menghadiri langsung KTT Perubahan Iklim Conference of the Parties atau (COP26) di Glasgow, Skotlandia (Inggris Raya) pada 1-2 November 2021. Ia juga telah melakukan komunikasi langsung melalui telepon dengan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Jhonson untuk membahas pertemuan COP26.

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki peran yang sangat penting untuk isu perubahan iklim dunia. Hal itu karena Indonesia memiliki hutan tropis dan hutan mangrove terbesar di dunia.

  • Bagikan