Darurat Budaya, IKN Kenalkan Kembali Karinding Di Citorek Banten


  • Bagikan

Tangerang,onlineindonesia.com Instititut Karinding Nusantara (IKN) memperkenalkan kembali karinding kepada masyarakat adat melalui workshop karinding di Kasepuhan Adat Citorek, Lebak. Kamis (30/9/2021).

Berdasarkan penuturan beberapa masyarakat yang tinggal di Kasepuhan Adat Citorek, mengungkapkan orang tua mereka dahulu pernah membicarakan permaianan karinding tersebut kepada mereka. Namun, pada masa muda mereka permainan karinding ini mulai menghilang.

Pembina IKN Muklis Ponco mengatakan, bahwa hilangnya permaianan masyarakat seperti karinding di tengah masyarakat apalagi terjadi ditengah masyarakat adat merupakan salah satu bencana budaya yang saat ini sedang melanda Bangsa Indonesia. Karena budaya merupakan identitas masyarakatnya

“Apalagi bencanan budaya ini terjadi di masyarakat adat sehingga diperlukan usaha-usaha yang juga darurat untuk mengembalikan permainan rakyat ini ketengah masyarakat,” ungkapnya.

Muklis melanjutkan, IKN sebagai salah satu wadah komunitas pelestari karinding langsung melakukan langkah darurat dengan mengadakan workshop membuat dan memainkan Karinding di Kasepuhan Adat Citorek.

  • Bagikan