Gubernur Maluku Buka Gerakan Nasional 1000 StartUp Digital Pelibatan OKP


  • Bagikan

Ambon, OnlineIndonesia.com- GUBERNUR Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail membuka road show gerakan nasional 1000 Startup Digital. Suatu gerakan yang dialamatkan untuk memacu semangat para anak muda (millenial) melalui kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan pemerintah provinsi Maluku dalam hal ini dinas Pemuda dan Olaharaga (Dispora).

Kegiatan tersebut digelar, Selasa (25/08) di gedung pemuda dan olahraga dan dihadiri pula Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nataniel Orno dan Kepala Dispora Sandi A Wattimena.

Road Show Gerakan Nasional kali ini menargetkan organisasi kepemudaan di Maluku dan dikemas apik oleh penyelenggara melalui tatap muka dan via zoom metting.

Gubernur Maluku dalam sambutannya mengakui, gerakan tersebut sejak tahun 2016 yang hingga tahun 2021, telah menjangkau 20 Kota atau daerah, termasuk Maluku, khususnya Kota Ambon dan sekitarnya, adalah peluang yang harus bisa dimanfaatkan secara optimal.

Program yang merupakan ikhtiar pemerintah tersebut, diluncurkan untuk mendorong anak-anak muda, agar dapat mencari dan menemukan platform digital yang dapat dikelola dan dikembangkan sebagai startup digital terutama di bidang agrikultur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik dan maritim.

“Lebih dari satu tahun ini, kita harus melewati masa-masa yang sulit akibat Pandemi Covid-19. Membuat berbagai aktivitas atau kegiatan harus berjalan secara virtual atau online. Akan tetapi dibalik kesulitan ini, ternyata ada harapan atau hikmah yang bisa kita petik. Yakni terbuka peluang dan kesempatan bagi generasi muda untuk memanfaatkan majunya teknologi digital dalam memudahkan dan memperlancar aktivitas sehari-hari. Salah satunya kegiatan Startup Digital Sebagai Solusi ini,” kata Murad.

Startup atau usaha rintisan, kata Murad, sebenarnya sama seperti Usaha Kecil Menengah lainya, seperti yang sering kita jumpai, tapi yang membedakan yaitu Startup Digital, yang sangat efektif dalam memanfaatkan majunya teknologi terutama dalam transaksi, pemasaran dan distribusi.

Pada tempat lainnya di luar Maluku, telah lahir anak muda kaum milenial dengan berbagai terobosan dan inovasi berbasis digital, sebagai solusi atas berbagai kendala yang dihadapi bangsa atau daerah.

  • Bagikan