Gelar Sidang Tipiring, Puluhan Pelanggar Prokes di Denda


  • Bagikan

Serang, Online-Indonesia.com

Hari ke lima pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Polda Banten bersama Pengadilan Negeri Serang gelar sidang Tipiring PPKM Darurat di Alun-Alun Barat Kota Serang, Rabu (07/07/2021).

Seperti diketahui, Provinsi Banten salah satu dari 7 Provinsi yang masuk ke dalam PPKM Darurat, dan hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Corona Disease 2019.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengatakan bahwa sidang Tipiring di tempat ini bertujuan untuk memberikan sangsi kepada Masyarakat yang melanggar aturan PPKM Darurat.

“Sidang Tipiring ini yang perdana dilakukan di Banten yang bertujuan untuk memberikan sangsi kepada Pelanggar PPKM Darurat. Mereka terjaring Razia Satgas Covid-19 Kota Serang yang dilaksanakan pada pagi hingga siang tadi,” kata Rudy Heriyanto.

Kapolda juga mengatakan bahwa sidang Tipiring ini juga merupakan implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Banten nomor 1 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Corona Virus Desease 2019.

Rudy Heriyanto juga mengatakan ada puluhan Warga Kota Serang yang harus menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring) lantaran melanggar Protokol Kesehatan PPKM Darurat.

“Ada 40 Pelanggar PPKM Darurat yang mengikuti sidang tipiring hari ini. Mereka berasal dari kalangan umum, mulai dari Pedagang, pemilik toko, Buruh. Mereka terjaring razia oleh Petugas saat Operasi PPKM Darurat,” ucap Rudy Heriyanto.

Ditemui usai sidang, Uli Purnama selaku Hakim Sidang Tipiring mengatakan bahwa para pelanggar dikenakan sangsi yang berbeda-beda.

  • Bagikan