RAYAKAN HARI KELUARGA NASIONAL MELALUI GERAI KENCANA PEMKOT CAPAI JUTAAN AKSEPTOR


  • Bagikan

RAYAKAN HARI KELUARGA NASIONAL MELALUI GERAI KENCANA PEMKOT CAPAI JUTAAN AKSEPTOR

Ciputat, Online-Indonesia.com

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangerang Selatan merayakan hari Keluarga Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Juni. Perayaan ini ditandai dengan Gerai Kencana atau Gerakan Cegah Putus Pakai Keluarga Berencana (Gerai Kencana).

Kepala DPMP3AKB Khairati menjelaskan bahwa Gerai Kencana ini merupakan pelayanan Sejuta Akseptor dalam rangka Perayaan Hari Keluarga Nasional Ke 28 Tahun 2021. Dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota, termasuk Kota Tangerang Selatan, Kamis (24/6/2021).

Khairati menjelaskan untuk di Tangsel sendiri perayaan ini dilaksanakan di seluruh Fasilitas Kesehatan, Puskesmas, Klinik, Praktek Bidan, Rumah Sakit yg sudah terdaftar di BKKBN. “BKKBN dalam rangka HARGANAS dengan tujuan mencegah putus pakai pemakaian alat kontrasepsi di masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Khairati yang menambahkan program ini memiliki target capaian yang sudah ditetapkan.

Khairati menambahkan, secara Nasional dalam satu hari yakni Kamis, 24 Juni 2021 tercapai Sejuta Akseptor KB terlayani. Sementara di Tangerang Selatan diberikan target 7.128 akseptor. Adapun Pelayanan KB yang dilakukan adalah pelayanan KB Pasang Baru, Pasang Ulang maupun Ganti Cara Alat Kontrasepsi. Adapun Pilihan alat kontrasepsi : IUD, Implant, Suntik, Pil, Kondom, Tubektomi (MOW) dan Vasektomi (MOP).

Untuk tercapai target 7.128 akseptor DPMP3AKB bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia atau IBI khusus wilayah Tangsel. Kemudian juga ASKLI Tangsel dan Seluruh RS di Tangsel.

  • Bagikan